Apa itu scalping?

Saat ini strategi scalping banyak digunakan oleh beberapa trader, Strategi scalping ini bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dari suatu transaksi di pasar forex dengan waktu yang cepat. Keuntungan yang di ambil berkisar antara 5 sampai 10 pips setiap kali open posisi. Dan biasanya menggunakan lot yang besar atau open posisi secara terus menerus.

Bagi beberapa trader yang tidak menggunakan strategi scalping cenderung akan memakan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan profit yang besar berkisar antara 30 sampai 100 pips setiap kali melakukan open posisi. Namun tidak halnya dengan seorang scalpers atau orang yang biasa menggunakan strategi scalping, mereka cenderung memilih segera close open posisi setelah mendapat profit namun secara terus menerus dalam satu hari. Scalping cocok bagi anda saat open posisi sudah profit namun takut kehilangan profit tersebut dan tidak yaking bisa mendapat profit lebih dari saat itu maka anda bisa menggunakan strategi scalping ini.

Namun perlu di perhatikan bahwa seorang scalpers perlu benar-benar mempertimbangkan tingkat ketepatan dalam menentukan open posisi untuk mendapatkan keuntungan dengan cepat di dalam pasar yang bergerak cepat. Tidak disarankan untuk anda yang trading sebagai sampingan saat jam kerja anda karena membutuhkan konsentrasi yang tinggi.

Jika anda memilih untuk menjadi seorang scalpers maka ada keuntungan dan kekurangan dari scalping, di antaranya :

Keuntungan scalping

  • Hanya membutuhkan waktu yang sedikit untuk mendapatkan profit
  • Tidak terbebani dengan open posisi yang masih berjalan menunggu profit yang di tentukan
  • Lebih mudah mendapatkan profit dengan pips yang rendah

Kekurangan scalping

  • Kemudahan mendapat pips yang rendah namun karena terlalu sering melakukan transaksi maka akan lebih sulit juga untuk menjaga konsistensi trading anda.
  • Pagi padara trader pemula dapat membuat ketegangan saat melakukan open posisi dengan lot yang besar
  • Tidak semua broker mengijinkan dalam penggunaan system scalping, dari beberapa Broker membatasi minimal waktu dari open posisi sampai close posisi, dan ada juga yang membatasi minimal pips yang dapat di ambil sesuai dengan rule broker tersebut.

Dari pemahaman di atas seorang scalpers bisa melakukan transaksi trading dengan waktu yang singkat tanpa harus menyita waktu yang terlalu lama, namun harus benar-benar memperhatikan ketepatan analisa yang anda gunakan dan penting untuk memperlajari terlebih dahulu broker yang akan anda gunakan dan gaunakan money management yang tepat.